Amalan Menolak Bala’ Dan Musibah

Sobat muslim, di tengah maraknya wabah virus, mungkin membuat sebagian dari kita panik dan khawatir. Sehingga membuat kita bingung bagaimana cara untuk menghadapinya.

Selain ikhtiar, yang dapat kita lakukan untuk mencegah wabah virus, kita tidak boleh lupa untuk tawakkal kepada Allah Subhanahu Wa Taala. Salah satu bentuk tawakkal kita kepada Allah ialah dengan berdoa kepada-Nya.

Karena Rosulullah shallaulahu alaihi wasallam bersabda bahwa berdoa adalah salah satu hal yang sangat ampuh untuk tolak balak atau menghindarkan kita dari berbagai macam wabah atau musibah. Berikut beberapa macam doa yang diijazahkan oleh para Ulama Nusantara yang terkemuka agar kita terhindar dari wabah atau musibah;

Pertama: Do’a tolak balak.

Doa ini sudah umum dikalangan kita karena doa ini sering dipanjatkan oleh masyarakat ketika tertimpa wabah atau musibah, doanya berbunyi;

اَللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّاالْغَلَآءَ وَالْبَلَآءَ وَالْوَبَآءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَآئِدَ وَالْمِحَنَ مَاظَهَرَ مِنْهَا وَمَابَطَنَ مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بَلَدِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً اِنَّكَ عَلَى كُلِّى شَيْئٍ قَدِيْرٌ

“Ya Allah, hindarkalah dari kami kekurangan pangan cobaan hidup penyakit-penyakit wabah, perbuatan-perbuatan keji dan munkar, ancaman-ancaman yang beraneka ragam paceklik-paceklik dan segala ujian, yang lahir maupun batin dari negeri kami ini pada khususnya dan dari seluruh negeri kaum muslimin pada umumnya, karena sesungguhnya Engkau atas segala sesuatu adalah kuasa.”

KEDUA: Shalawat Tibbil Qulub.

Shalawat Tibbil Qulub ini memiliki beberapa faedah diantaranya ialah:

Pertama, Barangsiapa membaca shalawat tibbil qulub (syifa’) sebanyak 10 kali berturut-turut, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala akan melimpahkan rahmat dan hidayahnya.

Kedua, Barangsiapa yang membacanya secara istiqomah, maka akan ditempatkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala di surga yang tertinggi.

Ketiga, Orang yang mengamalkan sholawat tibbil qulub (syifa’) akan dijauhkan dan disembuhkan dari segala macam penyakit.

Keempat, Menjadikan seseorang dekat kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan menjunjung tinggi nama Rasulullah shalallahu alaihi wassalam.

Kelima, Membuat hati seseorang yang membaca shalawat tibbil qulub (syifa’) menjadi lebih tenang. Berikut adalah lafadz shalawat tibbil qulub(syifa);

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا . وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا . وَنُوْرِاْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا . وَقُوْتِ اْلأَرْوَاحِ وَغِذَائِهَا . وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

“Ya Allah, berikanlah rohmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad sebagai penyembuh hati sekaligus obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, yang menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, dan merupakan makanan pokok rohani maupun jasmani, semoga sholawat dan salam tercurahkan kepada keluarga dan sahabat sahabat beliau”. Sholawat tersebut bisa kita amalkan kapan saja dan dimana saja secara istiqomah,karena dengan ke-istiqomahan akan menghasilkan kebaikan yang luar biasa.

Ketiga: Doa li khomsatun

Doa ini memiliki kekhususanuntuk menyelamatkan diri dari segala wabah penyakit.

Berikut lafadz do’anya

لِيْ خَمْسَتٌ اُطْفِيْ بِهَا حَرَّ الْوَ بَاءِ الْحَا طِمَةْ اَلْمُصْطَفَئئ وَ الْمُرْتَضَئ وَابْنَا هُمَا وَ فَاطِمَةْ

“Aku berharap diselamatkan dari panas derita wabah yang bikin sengsara dengan wasilah derajat luhur lima pribadi mulia yang aku punya: Baginda Nabi Muhammad al-musthafa salallahu alaihi wassalam, sayyidina ali al-murtadha, dan kedua putra (hasan dan husein), serta sayyidatina fathimah az-zahra binti rasulillah salallahu alaihi wassalam”.

Semoga dengan Ikhtiar dan doa kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Allah melindungi kita dan umat manusia dari segala macam musibah baik lahir maupun batin serta menjaga diri kita terhindar dari wabah penyakit.

Demikianlah Sobat, tidak ada salahnya jika kita mengamalkan doa diatas dengan harapan kita dijauhkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala dari segala macam bala’ baik itu dhohir maupun batin.

Bagikan Artikel Ini Ke