Doa Bagi Para Tamu Saat Seseorang Baru Pulang dari Haji dan Umrah

Disunnahkan mengunjungi atau berziarah kepada mereka yang baru pulang dari haji atau umroh serta meminta untuk didoakan kepada mereka. Kesunnahan ini berdasarkan sabda Nabi berikut. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

الْحُجَّاجُ وَالْعُمَّارُ وَفْدُ اللَّهِ إِنْ دَعَوْهُ أَجَابَهُمْ وَإِنْ اسْتَغْفَرُوهُ غَفَرَ لَهُمْ

“Orang-orang yang haji dan orang-orang yang pergi ‘Umrah adalah utusan Allah, jika mereka berdo’a kepada-Nya, niscaya Ia akan mengabulkan mereka, dan jika mereka meminta ampun, niscaya Ia akan mengampuni mereka.” (Hadits Ibnu Majah Nomor 2883)

Imam Al-Suyuthi mengutip sebuah Hadits dalam al-Jami’ al-Saghir

قال صلى الله عليه وسلم إذا لقيت الحاج فسلم عليه وصافحه ومره أن يستغفر لك قبل أن يدخل بيته فإنه مغفور له

“Nabi bersabda: Jika kau bertemu orang yang baru pulang haji, ucapkanlah salam, jabatlah tangannya dan mintalah dia mendoakanmu agar diampuni dosamu sebelum dia masuk rumah. Sungguh dia telah diampuni dosanya”

Berdasarkan hadits di atas, dalam Ihya Ulumiddin Al-Ghazali berpandangan bahwa “Orang-orang yang haji dan umroh, mereka semua adalah orang yang menghadap kehadirat Allah, jika mereka meminta kepada-Nya maka Dia akan memberi apa yang mereka minta, jika mereka meminta ampunan kepada-Nya maka Dia akan mengampuni mereka, jika mereka berdoa kepada-Nya maka Dia akan mengabulkannya, jika mereka mensyafa’ati orang lain, maka Dia akan menerima syafa’at mereka”

Baca Artikel selengkapnya:

Sunnah Hukumnya Meminta Doa Kepada Orang yang Baru Pulang Haji dan Umrah

Dengan begitu sunnah hukumnya mengunjungi orang yang pulang dari ibadah haji dan umroh. Dan disunnahkan juga meminta doa kepada mereka sebab doa mereka merupakan salah satu doa yang tidak ditolak oleh Allah. Berikut doa saat pulang dari haji dan umroh;

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ اْلعَا لَمِيْنَ. اللهم صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلىٰ سَـيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُبَلِّغُنَا بِهَا حَجَّ بَيْتِكَ الْحَرَامِ وَزِيَارَةِ قَبْرِ نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ

اللهم اجْعَلْ حَجَّنَا حَجًّا مَبْرُوْرًا،  وَعُمْرَةَنَا عُمْرَةً مَبْرُوْرًا، وَسَعْيَنَا سَعْيًا مَشْكُوْرًا، وَذَنْبَنَا ذَنْبًا مَغْفُوْرًا، وَعَمَلَنَا عَمَلًا صَالِحًا مَقْبُوْلًا، وَتِجَارَةَنَا تِجَارَةً لَنْ تَبُوْرَ، يَا عَالِمَ مَا فِى الصُّدُوْرِ أَخْرِجْنَا مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّوْرِ.

اللهم سَهِّلْ أُمُوْرَنَا وَحَصِّلْ مَقَاصِدَنَا وَبَلِّغْنَا إِلَيْكَ يَا اَللهُ. اللهم اجْمَعْنَا جَمْعًا مَرْحُوْمًا. اللهم إِنَّا نَسْئَلُكَ النِّعْمَةَ وَالرَّحْمَةَ وَحُسْنَ الْخَاتِمَةِ

رَبَّنَا اَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّاِر

وَاَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ مَعَ اْلاَبْرَارِ. يَا عَزِيْزُ يَا غَفَّارُ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Ya Allah limpahkanlah shalawat, salam dan berkah kepada junjungan kami nabi Muhammad, dengan shalawat yang bisa menyampaikan kami untuk berhaji ke baitil haram dan ziarah ke makam nabi Muhammad”.

“Ya Allah jadikanlah haji kami haji yang mabrur (baik dan diterima),  umroh kami umroh yang mabrur, sa’i kami sa’i yang disyukuri, dosa kami dosa yang diampuni, amal kami amal shaleh yang diterima dan perdagangan kami perdagangan yang tidak merugi, wahai Dzat Yang Maha Mengetahui apa yang ada dalam dada, keluarkanlah kami dari kedhaliman menuju cahaya (keimanan)”.

“Ya Allah,mudahkanlah segala urusan kami,kabulkanlah segala keinginan kami, dan sampaikanlah kami kehadlirat-Mu. Ya Allah kumpulkan kami bersama orang-orang yang mendapat rahmat-Mu. Ya Allah kami mohon kepada-Mu nikmat, rahmat dan akhir yang baik.”

“Tuhan kami berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta jauhkanlah kami dari siksa neraka”.

“Dan masukkanlah kami ke dalam surga beserta orang-orang yang baik-baik. Wahai Dzat Yang Maha Perkasa dan Maha Pengampun, wahai Tuhan semesta alam.”

Semoga dengan mengamalkan doa tersebut bermafaat bagi umat Islam.

وَاللهَ أَعْلَمُ بِالصَّوَابِ

 

Dihimpun oleh: KH. Ainur Rofiq Sayyid Ahmad

Bagikan Artikel Ini Ke