Doa dan Ucapan Selamat Untuk Pernikahan Seseorang Sesuai Sunnah

Pernikahan adalah ibadah yang begitu suci dan mulia. Agar ibadah nikah semakin berpahala maka sebaiknya melakukan beberapa amalan yang dianjurkan dalam agama Islam. Berikut beberapa amalan yang bisa kita lakukan saat diselenggarakan acara pernikahan;

Ucapan Selamat

Mengucapkan selamat menikah dan memanjatkan doa-doa terbaik untuk kedua mempelai. Diantara doa yang kerap didengar diucapkan dalam momen sakral pada pernikahan ada doa yang sempurna menurut Islam untuk kedua mempelai.

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakumaa fii khaiir.

“Semoga Allah memberikan keberkahan untukmu dan atasmu, serta semoga Dia mengumpulkan di antara kalian berdua dalam kebaikan.”

Doa tersebut berdasarkan hadis riwayat Abu Hurairah r.a. sebagai berikut.

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وآله وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا رَفَّأَ الإِنْسَانَ إِذَا تَزَوَّجَ قَالَ: «بَارَكَ اللهُ لَكَ، وَبَارَكَ عَلَيْكَ، وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ» رواه الترمذي

“Bahwasannya Nabi saw. jika mendoakan kepada seseorang ketika ia menikah, maka beliau bersabda, “Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakumaa fii khaiir.” (H.R. At-Tirmidzi)

Mendoakan Sakinah, Mawaddah, wa Rohmah

“Selamat menempuh hidup baru semoga bahagia dan menjadi keluarga sakinah mawaddah warohmah.”

Ucapan pernikahan yang sangat populer tersebut berdasarkan firman Allah Subhanahu Wa Taala dalam Surat Ar-Rum ayat 21:

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu merasa tentram kepadanya, dan Dia menjadikan di antara kami kasih sayang dan rahmat. Sesungguhnya yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (QS: Ar-Rum: 21).

Mendoakan Tuan Rumah Setelah Menikmati Hidangan

Syariat Islam yang begitu sempurna, mengatur setiap detail permasalahan kehidupan. Tak luput pula, mengenai hal adab ketika kita diundang. Diantara sunnah yang sering terlupakan ialah mendoakan orang yang mengundang setelah selesai makan. Diantara doa yang disunnahkan untuk dibaca ialah,

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

“Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka” (HR. Ahmad IV/187-188).

Atau boleh pula dengan doa,

اَللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِي، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِي

“Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang telah memberi makan kepadaku, dan berkahilah minum kepada orang yang telah memberi minum kepadaku” (HR. Muslim no. 2055).

Doa Setelah Akad Nikah atau Doa untuk pasangan manten baru

اَعُوْذُ بِااللهِ مِنَ اْلشَيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ, اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ حَمْدَ الشَّاكِرِيْنَ حَمْدَ النَّاعِمِيْنَ حَمْدًا يُوَا فِيْ نِعَمَهُ وَيَكُافِىءُ مَزِيْدَهُ, يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا محُمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا محُمَّدْ, اَللَّهُمَّ لَكَ اْلحَمْدُ شُكْرَا وَلَكَ اْلمَنُّ فَضْلاَ وَاَنْتَ رَبُّنَا حَقًّا وَنَحْنُ عَبِيْدُكَ رِقّاً وَاَنْتَ لَمْ تَزَلْ لِذ لِكَ أَهْلاً.

اَللَّهُمَّ ياَمُيَسِّرَ كُلِّ عَسِيْرٍ وَيَاجَابِرَ كُلِّ كَسِيْرٍ وَيَاصَاحِبَ كُلِّ فَرِيْدٍ وَيَامُغْنِىَ كُلِّ فَقِيْرٍ وَيَا مُقَوِّىَ كُلِّ ضَعِيْفٍ, وَيَامَأْمَنَ كُلِّ خَائِفٍ, يَسِّرْ عَلَيْنَا كُلَّ عَسِيرٍ فَتَيْسِيْرُ اْلعَسِيْرِ عَلَيْكَ يَسِيْرٌ.

اَللَّهُمَّ يَامَنْ لاَ َيحْتَاجُ اِلىَ اْلبَيَانِ وَالتَّفْسِيْرِ, حَاجَاتُنَا اِلَيْكَ كَشِيْرٌ وَاَنْتَ عَالِمٌ بِهَا وَبَصِيرٌ, اَللَّهُمَّ اجْعَلْ هَذَا الْعَقْدَ مَيْمُونًا وَمُبَارَكًا, وَاجْعَلْ بَيْنَهُمَا اُلْفَةً وَمَحَبَّةً وَقَرَارًا وَلاَ تَجْعَلْ بَيْنَهُمَا نَفْرَةً وَفِتْنَةً وَفِرَارًا.

اَللَّهُمَّ اَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا اَلَّفْتَ بَيْنَ آدَمَ وَحَوَّا وَكَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَخَدِيجَةَ الْكُبْرَى, وَكَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ عَلِيٍّ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ وَفَاطِمَةَ الزَّهْرَى.

اَللَّهُمَّ اَعْطِ لَهُمَا وَلَدًا صَالِحًاوَرِزْقًا وَاسِعًا وَعُمْرًا طَوِيلاً, اَللّهَمَّ بَارِكْ لَنَ فيِ اَوْلاَدِناَ وَلاَ تَضَرُّهُمْ وَوَفَقَّهُمْ فيِ طَاعَتِكَ وَارْزُقّنَا بِرَّهُمْ.

اَللَّهُمَّ اجْعَلْنَا وَاَهْلَنَا مِنْ اَهْلِ اْلعِلْمِ وَالْخَيْرِ وَالْقُرْاَنِ وَلاَتَجْعَلْنَا وَاِيَّاهُمْ مِنْ اَهْلِ الضَّيْرِ وَالزَّيْرِ وَالطُّغْيَانِ.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامً,

رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار,

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ اْلعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ, وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Ucapan Pernikahan. Sumber popbela

Ucapan Selamat Hari Pernikahan Islami.

Tiada ibadah yang lebih indah dari pernikahan. Di mana duduk berdua adalah ibadah, menghabiskan waktu bersama adalah ibadah, bahkan menyuapkan makanan juga ibadah. Semoga kebahagiaan dan keberkahan selalu bersama kalian. Aamin.

Luruskan niat baikmu, agar dengan izin Allah perjalanan kemudian akan semakin baik. Jadikanlah niat menikah untuk ibadah dan mengikuti sunnah Rasulullah SAW. Semoga pernikahan kalian langgeng dan selalu dinaungi petunjuk Allah dalam setiap langkah.

Allah menciptakan manusia secara berpasang-pasangan. Sejak zaman Nabi Adam hingga ditiupnya sangkakala. Itulah takdir dari Allah. Semoga kalian akan terus bersama hingga usai tugas di dunia. Semoga kalian akan bersama pula di dalam surga-Nya nanti.

Pernikahan ini adalah awal kehidupan baru kalian, semoga membawa berkah hingga akhir hayat dan kalian akan selalu memperoleh rahmat-Nya. Selamat menempuh kehidupan yang baru.

Selamat menikah, semoga Allah menyempurnakan kebahagiaan kalian dan menyempurnakan ibadah kalian, serta memberikan petunjuk dalam setiap keputusan.

Sahabatku, selamat atas pernikahan kalian yang berjalan dengan sempurna. Semoga kelak kalian menjadi pasangan yang harmonis, pasangan yang akan dikaruniai keberkahan yang berlapis-lapis. Dan semoga dikaruniai anak-anak yang saleh dan salehah sehingga menyempurnakan kebahagiaan kalian. Aamiin.

Sahabat, semoga kekuatan-kekuatan cinta yang telah kalian bina dan kalian jaga sampai saat ini, dapat menjadi pelindung untuk keluarga yang baru kalian bangun bersama. Selamat atas pernikahannya.

Selamat menikah sahabatku. Kini kamu sudah menempuh jalan hidup barumu dengan seseorang yang telah Allah anugerahkan kepadamu. Semoga rahmat Allah senantiasa dilimpahkan kepada kalian, menjadikan kalian semakin bersyukur, bahagia, dan semoga pintu-pintu rezeki dibukakan untuk kalian.

Ucapan selamat hari pernikahan Islami puitis

Dengan pernikahan ini, maka sempurnalah kehidupan kalian. Warnailah pernikahan dengan saling menghormati, menyayangi, dan saling menolong dalam ketaatan satu sama lain. Semoga Allah selalu melimpahkan petunjuk, rahmat, dan berkah kehidupan, serta rezeki yang halal dan keturunan yang saleh dan salehah.

Apa yang menjadi niatmu adalah kebaikan yang akan mendatangkan kebahagiaan yang takkan terhingga dan sangat bernilai. Semoga pernikahanmu selalu dilimpahi dengan kasih dan sayang, serta petunjuk dari Yang Maha Kuasa. Semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah. Aamiin.

Menikah bukanlah untuk mencari bahagia, melainkan ibadah. Bahagia hanyalah sebagian dari berkah pernikahan. Jika kalian memasuki pernikahan dengan iman, artinya kalian sedang melepas jangkar untuk mengarungi samudera pernikahan dan siap untuk berlabuh di surga. Barakallahu laka.

Pernikahan akan mendidik kalian menjadi jauh lebih dewasa, membuat kalian tahu bahwa kehidupan tidak hanya satu warna, melaikan dua warna. Selamat menempuh hidup baru, semoga sakinah, mawaddah, warahmah.

Kini kebahagiaanmu telah lengkap. Telah kamu temukan tulang rusukmu yang hilang. Sebagai sahabat, aku ikut bersuka cita melihat kalian yang bersanding dengan bahagia. Selamat menikah, semoga kehidupan kalian selalu dipenuhi oleh cinta dan keberkahan Allah.

Pahit getir dan gembira ketika masa-masa kalian belum menikah, sesungguhnya bukanlah apa-apa. Namun, setelah ijab qobul, seutuhnya rasa gembira dan duka akan menjadikan kalian semakin kuat dan dewasa. Selamat menikmati kejutan-kejutan dalam pernikahan kalian.

Ucapan selamat hari pernikahan penuh doa

Hanya sebaris doa yang kuhadiahkan untukmu, semoga pernikahanmu diberkahi oleh-Nya. Semoga pula terlahir keturunan yang saleh dan salehah dari kalian berdua.

Semoga jadi pasangan sejati sampai maut memisahkan. Semoga dikaruniai keturunan yang saleh dan salehah. Semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah.

Ya, Allah jadikanlah sahabat kami pasangan suami istri yang saling mencintai. Saling menjaga kehormatan satu sama lain. Dan saling terpaut hatinya satu dengan yang lain.

Semoga Allah SWT mengumpulkan yang tercerai-berai dari kalian berdua. Memberkahi kalian dan mengaruniakan kalian keturunan yang baik. Semoga dengan pernikahan ini, terbukalah pintu kasih sayang, ilmu, hikmah, rasa aman, dan kebahagiaan bagi semua.

Selamat menjalani kehidupan baru. Semoga kalian selalu menjadi pasangan yang saling mengasihi satu sama lain dalam ikatan utuh hingga ke jannah-Nya. Doaku selalu menyertai kalian.

Semoga dengan pernikahan ini Allah SWT menyempurnakan kebahagiaan kalian dan menjadikan penyatuan kalian sebagai ibadah kepada-Nya.

Selamat memasuki gerbang kehidupan baru, sahabatku. Semoga dengan hadirnya bertambahlah ketaatanmu kepada Allah hingga surgamu menjadi dekat. Semoga terlimpah petunjuk, keberkahan, dan kebahagiaan bagi keluarga kalian.

Ucapan selamat hari pernikahan dalam bahasa Arab

Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir.

“Mudah-mudahan Allah memberkahimu, ketika senang maupun susah dan akan mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.”

Barakallahu laka.

“Semoga Allah memberikan keberkahan kepadamu.”

Barakallahu lakum wa baraka alaikum.

“Semoga Allah memberikan keberkahan bagi kalian dan melimpahkan keberkahan atas kalian.”

Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoirin.

“Semoga Allah memberkahimu dalam segala hal (yang baik) dan mempersatukan kamu berdua dalam kebaikan.”

Ucapan Pernikahan Islam yang Penuh Makna dan Berkesan. Sumber wolipop.detik.com

  1. Luruskan niat baikmu, agar dengan izin Allah perjalanan kemudian akan semakin baik. Jadikanlah niat menikah untuk ibadah dan mengikuti sunnah Rasulullah SAW. Semoga pernikahan kalian menjadi pernikahan yang Sakinah, Mawaddah dan Warahmah serta selalu dinaungi petunjuk Allah dalam setiap langkahnya.
  2. Selamat menikah, semoga Allah SWTmenyempurnakan kebahagiaan kalian berdua dan menyempurnakan ibadah kalian, serta memberikan petunjuk setiap keputusan dalam hidup berumah tangga.
  3. Sahabatku, selamat atas pernikahan kalian yang berjalan dengan sempurna. Semoga kelak kalian menjadi pasangan yang harmonis, pasangan yang akan dikaruniai keberkahan yang banyak. Dan semoga dikaruniai anak-anak yang saleh dan salehah sehingga menyempurnakan kebahagiaan kalian.
  4. Selamat menikah sahabatku. Kini kamu sudah menempuh jalan hidup barumu dengan seseorang yang telah Allah SWT anugerahkan kepadamu. Semoga rahmat Allah senantiasa dilimpahkan kepada kalian, menjadikan kalian semakin bersyukur, bahagia, dan semoga pintu-pintu rezeki dibukakan untuk kalian. Aamiin.
  5. Menikah bukanlah untuk mencari bahagia, melainkan ibadah. Bahagia hanyalah sebagian dari berkah pernikahan. Jika kalian memasuki pernikahan dengan iman, artinya kalian sedang melepas jangkar untuk mengarungi samudera pernikahan dan siap untuk berlabuh di surga. Barakallahu laka.
  6. ‘Barakallahu lakum wa baraka alaikum’, artinya “Semoga Allah memberi kalian keberkahan dan melimpahkan atas kalian keberkahan.”
  7. ‘Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakumaa fi khoir’, artinya “Semoga Allah senantiasa memberkahimu dalam keadaan mudah dan dalam keadaan sulit, serta mengumpulkan kalian berdua senantiasa dalam kebaikan.”
  8. Kesedihan dan kegembiraan ketika masa-masa kalian belum menikah, sesungguhnya bukanlah apa-apa. Namun, setelah ijab qobul, seutuhnya rasa gembira dan duka akan menjadikan kalian semakin kuat dan dewasa. Selamat menikmati kejutan-kejutan dalam pernikahan kalian. Selamat menikah!
  9. Selamat menikah, semoga Allah SWT menyempurnakan kebahagiaan kalian dan menjadikan pernikahan kalian sebagai ibadah kepada-Nya.
  10. Pernikahan merupakan awal baru dalam kehidupan dan awal dari sebuah kebersamaan serta kebahagiaan. Selamat menempuh hidup baru Sahabatku, semoga Allah SWT selalu menjaga pernikahan kalian di setiap langkahnya.
  11. Pernikahan selalu membuat seseorang jauh lebih dewasa. Membuat orang tahu bahwa hidup itu tidak hanya satu warna, tetapi dua warna. Selamat menempuh hidup baru. Barakallahu lakum wa baraka alaikum.

20 Ucapan & Doa Selamat Menikah Islami dan Modern Selain Sakinah Mawaddah Warahmah. Sumber sumsel.tribun.com

  1. “Doa dan harapan terbaikku untuk pernikahan kalian, mudah-mudahan langgeng dunia akhirat”
  2. “Selamat menempuh hidup baru sabahat baikku, mudha-mudahan kebahagiaan senantiasa menaunginya”
  3. “Selamat menempuh hidup baru kawan selamat berbahagia doakan aku ya agar segera menyusul ke jenjang pernikahan”
  4. “Selamat berbahagia sahabat, selamat atas pernikahannya, semoga sakinah, mawaddah & warohmah. Mudah-mudahan Allah senantiasa memberi keberkahan atas pernikahan kalian dan mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan..amiin”
  5. “Wahai sahabatku, doa pernikahan aku ucapkan untukmu sahabat. Semoga pernikahanmu diberkahi oleh Allah, semoga juga dikaruniai keturunan yang soleh & solehah
  6. “Selamat menikah. Semoga cinta dan kebahagiaan selalu mengisi hari-hari kalian.”
  7. “Selamat menempuh hidup baru kawanku. Jaga dirimu baik-baik dan lindungi kekasihmu dengan sepenuh rasa dan jiwa.”
  8. Semoga Allah Subhanahu wa ta’ala menguatkan ikatan yang menyatukan kalian dan memberkahi hati kalian dengan dengan iman dan cinta untuk selamanya. Selamat menikah!”
  9. “Pada mulanya Allah menciptakan satu jiwa, kemudian dia membelahnya menjadi dua. Sehingga, Allah yang maha pengasih lagi penyayang bisa menyatukannya lagi dalam pernikahan.”
  10. “Semoga pernikahan ini abadi dan membawa kebahagiaan pada orang di sekitar kalian, dan Semoga Allah SWT merahmati kalian dengan kedamaian dan kebahagiaan yang tak berkesudahan.”
  11. “Alhamdulilah, selamat atas pernikahan kalian. Semoga pernikahan kalian dilimpahi oleh cinta, kebaikan dan kebahagiaan. Jazakallahu khairan khatira.”
  12. “Pergi kita ke kota mekah. Jangan lupa bawa sajadah. Senangnya yang baru menikah. Semoga Sakinah Mawadah Warohmah“
  13. “Selamat menempuh hidup baru, ya! Akhirnya, lagu “Akad” Payung Teduh bisa pensiun dari playlist kamu.”
  14. “Selamat menikah, sob! Orang bilang nikah itu seperti film drama. Semoga lebih banyak adegan komedi dan romantisnya daripada adegan melow..hehehe”
  15. “Selamat menikah. Selamat menempuh hidup baru dan semoga selalu berbahagia.”
  16. “Selamat menempuh hidup baru semoga bahagia dan menjadi keluarga sakinah mawaddah warohmah buat kalian berdua.”
  17. “Happy Wedding. Semoga selalu diberikan kebahagiaan.”
  18. “Selamat menikah sahabat, semoga hari harimu selalu diwarnai kebahagiaan, dan kelak dikaruniai anak yang sehat dan berbakti pada kedua orangtuanya.”
  19. “Selamat Menempuh hidup baru, ya! Semoga langgeng hingga kakek nenek.”
  20. “Menikah bukanlah hal yang mudah tapi jomblo bukan menjadi pilihan yang terbaik juga”

 

Demikianlah ucapan selamat untuk pengantin dalam Islam yang telah diajarkan oleh Nabi saw. Namun, diperbolehkan mendoakan dengan kalimat lain selama tidak mendoakan dalam keburukan. Karena sebagaimana diajarkan oleh Nabi saw. di atas, esensinya adalah kita dianjurkan untuk mendoakan kebaikan agar pengantin senantiasa diliputi keberkahan dalam mengarungi mahligai pernikahan. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

وَاللهَ أَعْلَمُ بِالصَّوَابِ

 

Dihimpun oleh: KH. Ainur Rofiq Sayyid Ahmad

Bagikan Artikel Ini Ke