Keutamaan Shalat Dhuha

Taukah kalian bahwa shalat dhuha itu hukumya sunnah namun sedikit sekali orang yang melakukanya padahal banyak sekali keutamaan keutamaan di balik kesunahan itu. Lantas apa saja keutamaan shalat dhuha. Nah………. untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas keutamaan shalat dhuha.

Yuk disimak dengan seksama…

Keutamaan yang pertama yaitu Shalat dhuha pengganti sedekah kita

Dalam hadist nabi yang diriwayatkan oleh Imam muslim yang artinya

“Pada pagi hari. diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian. untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar ma’ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan shalat Dhuha sebanyak 2 raka’at” (HR. Muslim no.  720).

Dari hadits di atas dijelaskan bahwa 2 rakaat shalat dhuha sudah dapat menggantikan sedekah yang harus dikeluarkan tubuh kita setiap pagi. Dengan begitu sudah jelas apabila kita menjalankan 2 rakaat shalat dhuha, maka sedekah yang wajib kita keluarkan itu sudah terpenuhi

Keutamaan Yang kedua yaitu Pahala shalat dhuha setara dengan orang yang pergi haji atau umrah

Dalam hadits yang di riwayatkan oleh imam tirmidji

مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِى جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ ». قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ

“Barangsiapa yang melaksanakan shalat shubuh secara berjama’ah lalu ia duduk sambil berdzikir kepada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia melaksanakan shalat dua raka’at, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umroh.” Beliau pun bersabda, “Pahala yang sempurna, sempurna dan sempurna.” (HR. Tirmidzi no. 586)

Keutamaan Yang ketiga Menghapus dosa selama sehari

Berdasarkan sabda nabi yang diriwayatkan oleh imam tirmidji

” Siapapun yang melaksanakan shalat dhuha dengan langgeng atau istiqomah, maka akan di ampuni dosa-dosanya oleh Allah. Sekalipun itu seperti buih di lautan.” [HR-Tirmidzi]

Dijelaskan bahwa keutaman shalat dhuha berikutnya adalah diampuni dosanya pada hari itu. Apabila kita tak sengaja melakukan perbuatan dosa setelah melakukan shalat dhuha. Maka Insya Allah dosa tersebut akan diampuni oleh Allah SWT.

Keutamaan Yang Keempat Shalat duha sebagai kecukupan segala kebutuhan (rizki) manusia sepanjang siang

Rosulullah SAW bersabda;

عَنْ نُعَيْمِ بنِ هَمَّارٍ قَالَ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ ابْنَ آدَمَ لَا تَعْجِزْ عَنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ أَوَّلَ النَّهَارِ أَكْفِكَ آخِرَهُ

 

DARI [Nu’aim bin Hammar] berkata; Aku mendengar Nabi Shallallahu’alaihiWasallam bersabda; “Hai anak cucu Adam! Janganlah kau malas untuk melaksanakan empat rakaat di permulaan siang niscaya Aku mencukupimu di akhir siang’.” (HR. Ahmad Nomor 21436)

dari beberapa  keutamaan sholat dhuha  yang lainnya adalah  Allah akan mencukupi rizkinya,Bagi hamba hamba-Nya yang mau mengerjakan shalat dhuha secara istiqomah.

Ditected by Ustadz Ruslan Ali

 

Bagikan Artikel Ini Ke