Kumpulan Doa dan Ucapan Selamat Atas Kelahiran Bayi Sesuai Sunnah

Sudah menjadi kecenderungan kita dalam bersosial merasa ikut berbahagia manakala teman atau saudara kita memiliki anak baru. Sebagai bentuk turut berbahagia biasanya kita menyampaikan ucapan selamat kepadanya. Agar ucapan kita tetap mengandung pahala maka sebaiknya kita meniru apa yang telah dilakukan oleh Nabi dengan mendoakannya.

Berikut beberapa ucapan selamat atas lahirnya seorang bayi yang dapat dipilih;

Pertama, riwayat dari Hasan al-Bashri dari Ali bin al-Ja’d dalam al-Musnad hlm. 488

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي المَوهُوبِ لَكَ , وَشَكَرْتَ الوَاهِبَ , وَبَلَغَ أَشُدَّهُ , وَرُزِقْتَ بِرَّهُ

“Semoga Allah memberkahi anak yang dianugerahkan kepadamu, semoga kamu bisa mensyukuri Sang Pemberi (Allah), semoga cepat besar dan dewasa, dan engkau mendapatkan baktinya si anak.”

Kedua, riwayat dari Ibnu Abi ad-Dunya dalam al-Iyal (no. 202)

جَعَلَهُ اللَّهُ مُبَارَكًا عَلَيْكَ وَعَلَى أُمَّةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

“Semoga Allah menjadikannya anak yang diberkahi untukmu dan untuk umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.”

Ketiga, diriwayatkan oleh al-Bazzar (no. 7310)

بَارَكَ اللَّهُ لَكِ فِيهِ، وَجَعَلَهُ بَرًّا تَقِيًّا

“Semoga Allah memberkahi anak ini untukmu dan menjadikannya orang baik yang bertaqwa”.

Itulah beberapa redaksi doa yang bisa digunakan sebagai bentuk ucapan selamat atas kelahiran seorang bayi baru.

Keempat

شَكَرْتَ الْوَاهِبَ وَبُوْرِكَ لَكَ فِي الْمَوْهُوْبِ وَبَلَغَ أَشُدَّهُ وَرَزَقْتَ بِرَّهُ

“Semoga kamu senantiasa bersyukur kepada Sang Pemberi (Allah), dan diberkahi dengan anak yang dianugerahkan kepadamu, semoga cepat besar dan dewasa, dan engkau diberi rezeki dengan patuh-baktinya.”

Kelima

ارَكَ اللهُ لَكَ فِي الْمَوْهُوْبِ لَكَ، وَشَكَرْتَ الْوَاهِبَ، وَبَلَغَ أَشُدَّهُ، وَرُزِقْتَ بِرَّهُ

“Semoga Allah memberkahimu atas pemberiannya kepadamu, engkau layak bersyukur, (semoga) anakmu cepat dewasa dan engkau diberi rezeki berupa baktinya kepadamu.”

Doa dan Ucapan Selamat Atas Kelahiran Bayi Sumber titikdua.net

Ucapan selamat atas kelahiran anak. Kelahiran adalah momen yang paling ditunggu-tunggu bagi setiap pasangan yang memang sudah menantikan buah hati. Kelahiran juga akan selalu membawa suka cita alih-alih sebuah duka. Bahkan akan selalu ada syukuran saat bayi tersebut telah dilahirkan ke dunia. Alangkah baiknya jika Anda ataupun kerabat dekat mengucapkan selamat atas kelahiran bayi mungil ini.

Ucapan kelahiran bayi adalah bentuk lain dari rasa bahagia. Meski mengucapkan selamat atas kelahiran bayi terasa cukup mudah, namun untuk merangkai kata-kata terkadang lebih sulit dari yang dikira.

Untuk itu berikut ini beberapa ucapan kelahiran bayi yang bisa menjadi referensi bagi Anda.

Ucapan Kelahiran Anak Perempuan

Ada kerabat Anda yang melahirkan dan Anda bingung ingin mengucapkan apa? Nah, jika bayi tersebut perempuan berikut kata-kata yang bisa Anda ucapkan untuk menunjukkan rasa bahagia:

“Aku merasa sangat senang setelah menerima berita akan kelahiran putrimu, ini adalah takdir yang patut disyukuri. Semoga akan selalu ada kebahagiaan yang melingkupi keluarga kalian dan aku sebagai teman berdoa untuk itu. Semoga selalu diberi kesabaran dalam mendidik putri kalian nanti agar menjadi putri yang sholihah dan berbakti pada kedua orang tuanya.”

***

“Mendengar kabar ini aku sangat gembira, apalagi penantian kalian kini telah berakhir. Allah menganugerahkan seorang putri yang sangat cantik dan lucu untuk menemani masa tua kalian nanti. Sebagai sahabat tentu aku sangat gembira. Mudah-mudahan kelak ia menjadi pribadi yang berguna.”

***

“Selamat atas kelahiran anak perempuanmu, sungguh dia merupakan replika kalian. Semoga dia selalu diberi kesehatan dan bisa menjalani kerasnya kehidupan.”

***

“Bagaimana bisa aku tidak bahagia mendengar berita gembira ini, mari kita rayakan dengan syukuran. Didiklah dia agar selalu ada di jalan yang diridhoi. Sebagai ibu, kamu adalah madrasah pertamanya, jadi sangat penting rasanya didikan seorang ibu.”

***

“Aku sangat bersyukur akhirnya kalian diberi keturunan yang cantik, seorang putri yang akan menjadi pelengkap keluarga kalian. Allah sangat mengasihi dan menyayangi kalian berdua sehingga memberi buah cinta yang kelak akan menjadi orang yang luar biasa.”

***

“Selamat menjadi ayah dan ibu, semoga keluarga kalian selalu dilimpahkan keberkahan dan putrimu menjadi ladang amal bagi orang tuanya.”

***

“Semoga putri kecilmu ini tumbuh menjadi malaikat yang akan membawa orang tuanya ke surga Allah dan semoga kelak akan menjadi wanita tangguh yang akan berguna bagi bangsa ini.”

***

“Selamat atas kelahiran putrimu, dialah yang akan membuatmu begadang setiap hari dan menjadi warna dalam kehidupan kalian. Akan datang momen indah di setiap tumbuh kembangnya dan aku selalu berdoa untuk kebahagiaan keluargamu.”

***

“Menjadi ayah dan ibu adalah keinginan semua pasangan suami istri dan kini kalian telah menerima peran itu. Allah mengkaruuniakan pada kalian dua orang perempuan cantik. Pesanku, siap-siap untuk diajak begadang oleh mereka.”

***

Ucapan Kelahiran Bayi Laki-Laki

“Selamat ya atas lahirnya jagoan kecil ini, kudoakan dia menjadi pemuda yang gagah yang menjadikan Firman Tuhan sebagai pegangan dan senantiasa teguh dalam pendirian, tidak mudah terpengaruh lingkungan serta memberi ketenangan bagi orang tuanya.”

***

“Apapun jenis kelaminnya aku turut senang dengan kelahiran putramu. Kini lengkap sudah keluarga kalian. Semoga menjadi keluarga bahagia yang senantiasa bersyukur.”

***

“Selamat atas kelahiran putra kalian, kuucapkan doa tulus untuk kalian berdua. Semoga anak ini akan menjadi orang yang berguna jika dia besar nanti.”

***

“Selamat menjadi orang tua, semoga kalian diberi kesabaran dalam mendidik dan mengasuhnya. Mudah-mudahan putramu akan menjadi pribadi yang tangguh dan berwawasan luas serta keimanan yang kuat. Agar dia selalu membawa ayah dan ibunya ke jalan yang benar.”

***

“Putra kalian kelak akan menjadi pemimpin dan ditakdirkan untuk itu, jadi selamat atas kelahiran pemimpin kecil. Semoga anakmu bisa menjadi putra terbaik bangsa.”

***

“Aku sangat bahagia mendengar kelahiran putramu malam tadi. Selamat ya, sudah jadi ibu sekarang, tetap kuat dan bahagia selalu. Apapun perkaranya nanti anakmu akan menjadi pelita dalam rumah tangga kalian. Jadi, didiklah dia dengan iman dan taqwa.”

***

“Senang sekali rasanya mendengar kabar bahagia dari kalian. Selamat atas kelahiran putra yang tampan dan aktif, semoga kelak dia menjadi orang yang berguna. Semoga bisa menjadi penuntun kalian untuk meraih ridho-Nya.”

***

“Aku bergembira sekali mendengar kabar ini. Alhamdulillah kalian dikaruniai putra yang sehat dan tidak kekurangan suatu apapun. Limpahan kebahagiaan semoga selalu kalian rasakan dan jangan lupa bersyukur untuk nikmat Allah yang sangat besar.”

***

“Selamat ya, akhirnya jagoan yang ditunggu-tunggu kini lahir untuk meramaikan rumah kalian. Semoga selalu diberi kemudahan untuk merawatnya, rejeki juga mengalir terus.”

***

Ucapan Selamat atas Kelahiran Anak dalam Bahasa Inggris

“I was really surprised to hear this news. I’m happy for your happiness. Congratulations for the birth of the first child and hopefully there are second and third. Always healthy for the mother and father, hopefully given the ease in guiding this child to his dreams.”

(Aku sungguh terkejut mendengar kabar ini. aku turut bahagia atas kebahagiaan kalian. Selamat untuk kelahiran anak pertama dan semoga ada yang kedua dan ketiga. Sehat selalu untuk ayah bunda, semoga diberi kemudahan dalam membimbing anak ini sampai pada impiannya.)

***

“Alhamdulillah, the great God who has given you His blessings and blessings. Hopefully your son will become a god-fearing one day.”

(Alhamdulillah, Maha Besar Allah yang telah mengkaruniakan padamu nikmat dan rahmat-Nya. Semoga kelak anakmu akan menjadi manusia yang taqwa.)

***

“May the birth of this boy or girl be a blessing and a rizky door opener for his parents. Being a parent is also sometimes not easy. Many responsibilities that must be fulfilled, You can alternately take care of him and work together for his good. Once again, congratulations on being a parent.”

(Semoga kelahiran anak laki-laki maupun perempuan ini menjadi berkah dan pembuka pintu rizki bagi orang tuanya. Menjadi orang tua juga terkadang tidak mudah. Banyak tanggung jawab yang harus dipenuhi, kalian bisa secara bergantian merawatnya dan bekerjasama untuk kebaikannya. Sekali lagi, selamat menjadi orang tua.)

***

“Every presence is joy. especially if he is a baby that has been waiting for. I congratulate you on the birth of your baby. Hopefully be a righteous and righteous child and always pray for the goodness of his parents.”

(Setiap kehadiran adalah suka cita. apalagi jika dia adalah buah hati yang selama ini ditunggu-tunggu. Kuucapkan selamat atas kelahiran bayimu, semoga menjadi anak yang shalih dan shalihah serta senantiasa mendoakan kebaikan orang tuanya)

***

“Congratulations on being a father and mother, hopefully you will still be given health to be able to care for your child. May blessings always surround your small family.”

(Selamat menjadi ayah dan bunda, semoga tetap diberi kesehatan untuk bisa merawat si kecil. Semoga keberkahan selalu melingkupi keluarga kecilmu.)

***

Ucapan Kelahiran Anak Singkat

“Selamat datang dalam kehidupan dunia nak. Semoga kelak kau menjadi orang yang kuat dalam menghadapi tantangan zaman.”

***

“Anak cantik sudah lahir, mudah-mudahan engkau menjadi perempuan yang memiliki iman kuat dan teguh pendirian. Tidak mudah menyerah pada keadaan dan menjadi pintu rezeki bagi orang tuamu.”

***

“Selamat atas kelahiran anak kedua kalian. Semoga dapat menjadi Qurrota A’yun bagi orang tua dan orang-orang di sekitarnya. Menjadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa.”

***

“Selamat datang jagoan, jadilah penunjuk jalan orang-orang yang tersesat dan menjadi anak yang sholih. Semoga menjadi anak yang berbakti pada kedua orang tua, tidak pantang menyerah dan menjadi bintang di masa depan.”

***

“Semoga Tuhanmu memberkahi hari lahirmu, dan kebaikan akan selalu datang padamu.”

***

“Aku bahagia mendengar kelahiran putra-putrimu subuh tadi. Mudah-mudahan menjadi pewarna dalam rumah tangga kalian.”

***

“Selamat atas kelahirannya sayang, penantianmu kini telah berbuah manis. Tetap bersyukur atas karunia Tuhan yang indah ini.”

***

“Aku turut bahagia atas kelahiran anak ketigamu, kini semoga hanya ada kebahagiaan yang melingkupi.”

***

“Selamat ya atas kelahiran anak sulungmu, kudoakan kelak dia menjadi perantara orang tuanya menuju surga.”

***

Ucapan Selamat atas Kelahiran Anak Sahabat

“Aku sedikit terkejut mendengar kabar ini. Tiba-tiba sudah melahirkan saja, pasti anaknya cantik kayak ibunya. Pokoknya yang terpenting semoga anakmu menjadi anak yang shalih dan shalihah dan berbakti kepada kedua orang tua.”

***

“Selamat sayang karena sudah mencapai titik puncak perjuangan seorang ibu, tetap kuat dan sabar ya. Semoga anak ini bisa menjadi ladang amal bagi kalian. Kamu hebat bisa melewati masa persalinan, semoga Allah juga membalas kasihmu dengan setimpal.”

***

“Menjadi seorang ibu bukanlah takdir tapi pilihan seorang wanita. Semua perempuan di dunia ini bisa saja memiliki anak, tapi tidak semua dari mereka yang berhasil menjadi ibu. Selamat atas kelahiran bayinya sayang, semoga bisa menjadi orang tua yang baik dan pengertian.”

***

“Selamat atas kelahiran putra ketigamu, anak yang telah lama dinanti kini telah hadir ke dunia melengkapi keluarga kecil ini. Akan ada banyak rintangan untuk membesarkannya dan semoga kalian bisa menghadapinya. Terkadang juga diperlukan kesabaran ekstra, namun jika dilakukan dengan bahagia akan datang kemudahan dalam menjalaninya.”

***

“Semoga Allah memberkahi anak yang telah dianugerahkan kepadamu, semoga kamu senantiasa bersyukur pada Sang Pemberi. Semoga jika dia besar nanti engkau akan diberi rezeki dengan patuh baktinya.”

***

“Selamat ya atas kelahiran bayinya. Semoga dia menjadi umat Nabi Muhammad dan mendapat syafaat kelak di akhirat.”

***

Kata-Kata untuk Bayi Baru Lahir

“Kami sangat senang saat mendengar kabar bahwa istri Anda melahirkan. Semoga anak yang dilahirkannya menjadi pelengkap dan memberi kebahagiaan pada rumah tangga Anda.”

***

“Saya benar-benar senang saat mengetahui kelahiran buah cinta kalian, tidak sabar rasanya aku melihatnya tumbuh dewasa. Kalian sangat beruntung bisa memiliki jagoan kecil yang tampan, semoga selalu bahagia dan dilimpahi keberkahan.”

***

“Selamat! Sembilan bulan yang melelahkan kini telah usai, telah hadir di tengah-tengah kalian bayi mungil yang cantik. Saya yakin dia akan bangga memiliki orang tua sebaik kalian.”

***

“Semoga keberkahan selalu terlimpah pada kalian dan anak yang baru saja lahir ke dunia.”

***

“Saya sangat senang sekali mendengar kabar kalau istrimu melahirkan. Semoga kelak anakmu menjadi anak yang berguna dan berbakti kepada kedua orang tua serta bermanfaat bagi manusia lainnya.”

***

“Menjadi orang tua yang baik terkadang gampang-gampang susah. Namun, aku selalu berharap kalian bisa mendidik anak ini dengan penuh kasih sayang.”

***

“Setiap orang punya peran masing-masing di dunia ini. Kini saatnya kalian berperan menjadi ayah dan ibu yang baik, yang senantiasa membimbing putra dan putri kalian ke jalan yang benar. Bekali mereka dengan iman dan ketaqwaan agar selalu lurus di jalan Tuhan.”

***

Ucapan Islami Kelahiran Bayi

Anda juga bisa memberikan ucapan atas kelahiran anak seperti di bawah ini:

“Allah menghadiahi keluarga kalian dengan bayi mungil ini. Semoga saat dia telah dewasa engkau dikaruniai banyak kebaikan yang datang darinya.”

***

“Selamat mendapatkan karunia dari Allah. Semoga Allah memberimu keberkahan lewat dirinya dan memberi kabar gembira untuk umat Muhammad.”

***

“Kelahiran adalah nikmat Allah yang patut disyukuri. Setiap bayi yang dilahirkan sudah membawa rizkinya. Selamat atas kelahiran putra pertama kalian, semoga menjadi keluarga yang sakinah dan bahagia dunia akhirat.”

***

“Aku menyambut kebahagiaanmu dengan lahirnya bayi kembar. Aku pun berharap kelak mereka akan menjadi orang yang baik dan menjadi panutan orang-orang di sekitarnya.”

***

“Selamat ya, Allah menganugerahi kalian bayi yang akan mengisi kekosongan di hati yang terkadang tidak pernah disadari.”

***

“Aku ucapkan selamat atas datangnya nikmat Tuhan atasmu dengan kelahiran bayimu. Kuucapkan pula hal baik untuk kesehatan dan kebahagiaan kalian.”

***

“Aku turut senang mendengar kebahagiaanmu. Semoga ridho Allah atasmu yang telah mau berjuang untuk melahirkannya dan semoga kamu tidak berhenti merasakan suka cita dan kebahagiaan.”

***

“Selamat atas kelahiran bayimu. Menjadi orang tua tidaklah mudah, perhatikan pendidikan sosial emosional dan spiritualnya agar menjadi panutan oleh orang sekelilingnya.”

***

“Selamat berbahagia sayang, semoga kamu dapat menjadi ibu yang baik untuk anak-anakmu kelak. Malaikat kecil yang telah lahir di dunia ini adalah jawaban dari sekian doa yang kau panjatkan. Sekali lagi, selamat menerima karunia dari Allah.”

***

“Selamat menjadi orang tua, semoga Allah melaimpahkan kesabaran yang luar biasa untuk kalian.”

***

“Barakallah, selamat atas kelahiran bayi Anda. semoga bisa menjadi jalan kalian menuju surga-Nya.”

***

“Setiap cinta dalam kehidupan melahirkan buah cinta yang shalih dan shalihah apabila dididik dengan baik dan sesuai dengan tata aturan agama. Kuucapkan selamat atas kelahiran putra dan putri Anda, semoga kelak menjadi orang yang berguna.”

***

“ Selamat menjadi pendidik keluarga ayah dan bunda baru, semoga diberi kesabaran dan limpahan rezeki untuk masa depan buah hati kalian.”

***

“Semoga Allah memberkahi anak ini untukmu dan menjadikannya orang baik yang bertaqwa.”

***

“Setiap kehidupan yang hadir adalah karunia Allah. Sehingga mensyukurinya adalah kewajiban. Aku pun bersyukur menerima kabar dari kalian akan lahirnya bayi mungil yang akan meramaikan rumah.”

***

Setiap orang yang sudah menjadi suami istri pasti menginginkan kehadiran buah cinta mereka. Oleh karena itu, kelahiran bayi menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan. Selain itu, doa-doa baik juga akan selalu terlimpah dari kerabat dan orang terdekat.

Memberi ucapan yang baik akan menjadi doa untuk anak tersebut. Kira-kira ucapan seperti apa yang akan Anda berikan sebagai ucapan selamat atas kelahiran bayi?

Doa yang diucapkan dengan tulus akan memberi keberkahan bagi diri sendiri dan orang lain. Karena pada dasarnya semua doa yang kita ucapkan akan berpengaruh pada diri masing-masing.

40 Doa dan Ucapan Selamat Atas Kelahiran Bayi Paling Berkesan dan Menginspirasi Sumber seruni.id

Saat mendapatkan kabar salah seorang keluarga pun teman telah melahirkan buah hatinya, tentu kita akan memberikan doa dan ucapan selamat atas kelahiran bayi, kan? Nah, sudah sepatutnya kita memberikan ungkapan rasa syukur atas kelahiran anak dan keselamatan sang ibu.

Dengan begitu, setidaknya kita turut merayakan kegembiraan dan rasa syukur dari keluarga bayi. Meskipun mengucapkan selamat terasa cukup mudah, namun untuk merangkai kata-kata terkadang lebih sulit dari yang kita kira. Untuk itu, silahkan simak beberapa contoh ucapan selamat kelahiran bayi yang bisa kamu jadikan inspirasi berikut ini.

Ucapan Selamat Atas Kelahiran Bayi Laki-laki

Setiap bayi yang lahir ke dunia, merupakan anugerah yang telah Tuhan berikan bagi pasangan suami istri yang sudah menantikannya. Kelak besar nanti, anak laki-laki akan mengemban tanggung jawab besar daripada anak perempuan. Bagi kalian yang masih bingung dalam merangkai kalimat sebagai bentuk ucapan, berikut Seruni berikan contohnya.

  1. “Selamat sudah melahirkan putra yang sangat tampan ke dunia ini Semoga kelak, ia akan menjadi anak yang sehat, kuat, cerdas, dan tidak lupa menyayangi ayah dan ibunya.”
  2. “Selamat atas lahirnya anak laki-lakimu yang tampan. Semoga kelak tumbuh besar nanti, kamu akan menjadi anak yang sehat, kuat, cerdas, dan tangguh.”
  3. “Selamat datang ke dunia bayi mungil. Semoga menjadi anak yang sholeh, berbakti kepada orang tua, dan berguna bagi orang-orang sekitar.”
  4. “Selamat atas kebahagiaan yang kamu dapatkan. Semoga masa depanmu dipenuhi dengan kebahagiaan, cerita, dan tawa dari bayi mungilmu.”
  5. “Saya turut berbahagia atas kelahiran bayi laki-lakimu, semoga menjadi anak yang sholeh dan ganteng. Selamat lahir ke dunia, ya (tulis nama anaknya).”
  6. “Alhamdulillah, akhirnya setelah sembilan bulan mengandung, lahirlah bayi yang tampan ini. Semoga di masa yang akan datang, bisa menambah kebahagiaan dan selalu diselimuti rezeki yang berlimpah. Aamiin.”
  7. “Selamat datang ke dunia anak ganteng, semoga bisa menjadi anak yang sholeh serta menjadi pemimpin di masa depan. Semoga selalu ingat untuk membahagiakan kedua orangtua dan menjadi pelengkap bagi seluruh keluarga.”
  8. “Saya mengucapkan selamat atas kelahiran putramu yang tampan ini. Semoga bisa menjadi penerus keluarga yang selalu membanggakan. Semoga bisa menjadi penerus yang cerdas dan pintar nantinya.”
  9. “Aku ucapkan selamat atas kelahiran bayi yang kini merubah statusmu menjadi ibu. Semoga selalu dilimpahkan rezeki dan kebahagiaan dengan adanya bayi tampan nan mungil ini. Selamat berbahagia.”
  10. “Sungguh kebahagiaan yang luar biasa akan leahirnya seorang putra yang begitu lucu dan ganteng. Semua kepercaan Allah telah dititipkan padamu. Semoga bisa menjadi putra yang cerdas dan pemimpin di masa yang akan datang.”

Ucapan Sealamat Atas Kelahiran Bayi Perempuan

Bukan hanya ucapan selamat untuk bayi laki-laki saja, Seruni juga menyajikan beberapa doa dan ucapan untuk bayi perempuan juga. Biasanya bayi perempuan memiliki paras yang mirip dengan ibunya. Kelak ia tumbuh menjadi gadis dengna paras yang lebih cantik lagi. Berikut contoh ucapannya.

  1. “Selamat telah lahir ke dunia ini anak yang cantik nan jelita. Semoga kelak bisa menjadi anak yang baik akhlaknya, budi pekertinya, dan patuh kepada kedua orangtua.”
  2. “Aku turut bahagia dengan kelahiran bayi perempuanmu yang sangat cantik ini. Semoga kebaikan dan keberkahan menyertaimu dan bayimu. Semoga di masa yang akan datang menjadi anak yang selalu berbakti kepada kedua orangtuanya.”
  3. “Bayi perempuan yang baru lahir ini memang imut dan cantik, persis seperti ibunya. Selamat karena kini kau telah menjadi ibu seutuhnya. Semoga hari-hari kedepannya kalian terus dilimpahkan kebahagiaan, selalu ada tawa serta air mata kebahagiaan yang akan selalu menyelimuti sampai tua nanti.”
  4. “Semoga dengan hadirnya bayi perempuan ini bisa menambah kebahagiaan untuk ayah dan ibu serta seluruh anggota keluarga Semoga bisa tumbuh dengan sehat sampai tua nanti dan Allah memeberikan keberkahan padanya.”
  5. “Cantinya putrinya mirip sekali dengan ibunya deh. Aku hanya bisa mendoakan semoga kelak putri kecilmu ini menjadi anak yang sholehah, senantiasa bisa menjaga diri dan menerapkan ajaran agama. Selamat, ya.”
  6. “Selamat datang ke dunia anak cantik. Selamat juga untuk ibu yang telah berjuang melahirkan bayi secantik ini. Pastinya ia akan menjadi penyejuk hati untuk kedua orangtuanya.”
  7. “Selamat datang ke dunia anak cantik. Tumbuhlah menjadi anak yang baik dan berguna untuk dunia ini, ya. Jadilah anak yang berbakti kepada kedua orangtua sekaligus menjadi pembuka pintu surga untuk mereka.”
  8. “Selamat datang ke dunia. Semoga kamu menjadi anak yang sholehah dan menjadi pahlawan untuk kedua orangtuamu.”
  9. “Selamat menerima karunia dari Allah berupa lahirnya putrimu. Mudah-mudahan kelak ia bisa menjadi anak yang sholehah dan selalu tabah dalam menghadapi cobaan hidup. Aamiin.”
  10. “Selamat telah dikaruniai bayi perempuan yang cantik seperti dirimu. Semoga ketika ia besar nanti, ia tak hanya cantik, namun juga sholehah dan berbakti kepada kedua orangtuanya.”

Ucapan Selamat Atas Kelahiran Bayi Islami

Untuk bayi yang lahir di keluarga islam, banyak doa-doa yang bisa dipanjatkan untuk sang bayi. Doa untuk sang anak tidak hanya berupa menjadi anak yang sukses secara duniawi kelak, namun juga bisa sukses secara akhirat. Karena itu, banyak ucapan yang disertai doa-doa untuk sang bayi. Berikut ini contoh ucapan syukur kelahiran anak Islam.

  1. “Selamat ya sudah diberikan amanah oleh Allah untuk memiliki anak. Semoga kelak anak kalian selalu diberkahi dan diberikan rezeki yang banyak oleh-Nya. Dan bisa menjadi amal jariyah yang paling baik dan berkah untuk kedua orangtuanya.”
  2. “Semoga Allah memberikan keberkahan kepadamu, dan semoga Allah memberi berkah atasmu. Kelak besar nanti, bayimu akan menjadi anak yang sholeh/sholehah. Dan semoga kita sebagai orangtunya dimudahkan, dikuatkan, dan dilancarkan dalam mendidik serta mangasuh hingga menjadi anak yang sukses dunia akhirat.”
  3. جَعَلَ اللهُ مُبَارَكًا عَلَيْكَ وَ عَلَى أُمَّةِ مُحَمَّدٍ

“Ja’alallahu mubaarokan ‘alaika wa ‘ala ummati Muhammadin”

Artinya, “Semoga Allah menjadikannya anak yang diberkahi atasmu dan atas umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.”

  1. “Kelahiran adalah nikmat Allah yang patut disyukuri. Setiap bayi yang dilahirkan ke dunia, sudah membawa rezekinya masing-masing. Selamat atas kelahiran anak pertama kalian. Semoga menjadi keluarga yang sakinah dan bahagia dunia akhirat.”
  2. “Semoga Allah memberikan berkah untuk anakmu dan diberkahi sebagai umat Nabi Muhammad Shallalahu’alaihi wa sallam.”
  3. “Selamat atas kelahiran anak pertamamu. Semoga Allah memberkahi anakmu, diberikan rezeki yang luas, dan kau bisa mendapatkan bakti dari anakmu.”
  4. “Aku turut senang mendengar kebahagaanmu. Semoga ridho Allah atasmu yang telah mau berjuang untuk melahirkannya, dan semoga kamu tidak berhenti merasakan suka cita dan kebahagiaan.”
  5. “Selamat berbahagia ya, sayang. Semoga kamu dapat menjadi ibu yang baik untuk anak-anakmu kelak. Malaikat kecil yang telah lahir di dunia ini adalah jawaban dari sekian doa yang kau panjatkan. Sekali lagi, selamat menerima karunia dari Allah.”
  6. “Barakallah, selamat atas kelahiran bayimu, ya. Semoga bisa menajdi jalan kalian untuk menuju surga-Nya.”
  7. “Setiap kehidupan yang hadir adalah karunia Allah. Sehingga mensyukurinya menjadi sebuah kewajiban. Aku pun turut beryukur menerima kabar ini dari kalian akan alhirnya bayi mungil yang akan meramaikan rumah kalian.”

Ucapan Selamat Atas Kelahiran Bayi yang Unik

Ingin ucapan atas kelahiran bayi yang unik dan tidak monoton? Bisa banget, loh. Saat mengucapkan, kamu bisa menambahkan kata-kata pujian pada bayi tersebut. Hal ini bisa dilakukan ketika mengunjungi bayi atau melihat foto yang dikirim oleh ayah atau ibunya. Pujian yang unik dapat menentramkan hati orang tuanya terutama ibunya yang telah berjuang melahirkan anaknya.

  1. “Selamat, ya. Akhirnya bayi pertamamu yang dinanti-nantikan bisa kamu lahirkan dengan lancar. Lucu dan mungil sekali bayinya. Semoga kamu bisa menjadi ibu yang baik untuk anakmu yang cantik/ganteng ini, ya. Smeoga anakmu bisa menjadi rezeki yang berkah untuk kedua orangtuanya.”
  2. “Imut-imut sekali bayimu. Apalagi pipinya, sangat menggemaskan. Cantik sekali parasnya pasti mirip sama ibunya, deh. Semoga kelak menjadi anak yang aktif dan pintar, selalu sayang sama ayah dan ibunya.”
  3. “Lucunya kamu, anak siapa ini? Anaknya ayah dan bunda yah. Pintar sekali yah sudah bisa tertawa dengan manis. Semoga nanti cepat tumbuh besar dan jadi anak yang semakin pintar.”

Ucapan Selamat Atas Kelahiran Anak dalam Bahasa Inggris

Ucapan kelahiran bayi bisa direalisasikan dalam berbagai bahasa, loh. Mulai dari bahagia nasional, bahasa daerah, hingga internasional. Jika ingin menggunakan bahasa Inggris dalam menyampaikan ucapan selamat atas kelahiran bayi, berikut beberapa contohnya.

  1. “Congratulations of your new baby in the world. This is such a wonderful time to your family. We hope that your babyhood can filled with loots of love, cuddles and fun. Allah the very best for your family.”

Artinya: “Selamat atas kehadiran bayinya di dunia. Ini merupakan salah satu momen yang luar biasa dalam keluargamu. Kami berharap agar bayimu dapat mengisi banyak cinta, pelukan dan keceriaan. Semoga yang baik selalu untuk keluargamu.”

  1. “We are also happy for the birth of your child. Hopelyfully your child can add happiness to your life. May your family always be blessed by God.”

Artinya: “Kami turut bahagia atas lahirnya anakmu. Semoga hadirnya ia dapat menambah kebahagiaan di hidup kalian. Semoga tuhan memberkati keluarga kalian.”

  1. “Congratulations on being a parent! Hopefully the arrival of a small baby in your family can be a good blessing for your family.”

Artinya: “Selamat telah menjadi orangtua. Semoga kedatangan bayi kecil di keluarga kalian dapat menjadi berkah yang baik untuk keluarga kalian.”

  1. “Welcome to the arrival of your daughter/little son into a new family. Congratulations on bearing the title of father and mother to your child. We hope that you will become good parents for your child so that he can grow up to be a smart, strong and intelligent child like his/her parents.”

Artinya: “Selamat atas datangnya putri/putra kecilmu ke dalam keluarga baru. Selamat telah menyandang gelar ayah dan ibu untuk anak kalian. Semoga kalian menjadi orang tua yang baik untuk anak kalian agar ia dapat tumbuh menjadi anak yang pintar, kuat, dan cerdas seperti orang tuanya.”

  1. “The coolest part about being new parents is catching a glimpse of yourself in your little one. Congratulation. Happy parenting, dear.”

Artinya: “Momen paling keren saat menjadi sebuah orangtuan batu ketika kamu meliat dirimu pada bayi mungil ini. Selamat mengasuh anak, sayang.”

  1. “Welcome to the world little one cute baby. It’s a place full of delight anda wonders!”

Artinya: “Selamat datang ke dunia bayi kecil yang lucu. Ini adalah tempat yang penuh kebahagiaan dan keajaiban.”

  1. “Having a new baby is one of the most awesome, exiting, wonderful and life changing event that can happen. Congratulations!”

Artinya: Memiliki seorang bayi adalah salah satu hal yang menakjubkan, menarik, indah dan mampu mengubah setiap momen kehidupan. Selamat

  1. “We pray that you’ll enjoy in your new little gift from God, and that you’ll be blessed with the wisdom to be great parents in this world!”

Artinya: “Kami berdoa agar kamu selalu menikmati hadiah kecil yang indah dari Tuhan. Dan kamu juga akan mendapatkan berkah dengan kebijaksanaan sebagai orang tua yang hebat di dunia ini.”

Itulah beberapa ucapan selamat datang untuk bayi yang baru lahir. Ucapan dan doa di atas bisa kamu berikan kepada keluarga, teman, atau sahabat yang baru dikaruniai anak. Apapun ucapan dan doanya, asal kamu benar-benar tulus memberikannya dari hati, niscaya kata kata ucapan selamat atas kelahiran anak akan tersampaikan dengan baik.

وَاللهَ أَعْلَمُ بِالصَّوَابِ

 

Dihimpun oleh: KH. Ainur Rofiq Sayyid Ahmad

Bagikan Artikel Ini Ke