Lima Tujuan Pokok Agama Islam yang Harus Dijaga.

Pertama, yaitu memelihara agama (hifdzud diin) yaitu umat Islam berkewajiban menjaga agamanya dengan baik, sebab manusia tidak diciptakan kecuali menyembah kepada Allah.

Menjaga agama dengan cara senantiasa istiqamah dalam mengamalkan ajarannya dan melawan mereka-mereka yang berniat menghalangi umat Islam untuk mengamalkan ajaran agamanya.

Kedua, yaitu memelihara jiwa (hifdzun nafs) yaitu umat Islam berkewajiban untuk menjaga keselamatan nyawa sendiri maupun nyawa orang lain. Umat Islam dilarang saling melukai dan saling menyerang yang beresiko hilangnya sebuah nyawa.

Ketiga, memelihara keturunan (hifdzun nasl) yaitu umat Islam berkewajiban untuk menjaga keberlangsungan generasi sebagai khalifah fil ardh dengan melakukan pernikahan dengan menghindari perzinahan dan mendidik anak-anaknya sehingga mampu melanjutkan perjuangan leluhurnya.

Keempat, memelihara harta (hifdzul maal) yaitu umat Islam berkewajiban memelihara hartanya dengan bekerja yang baik dan merampas harta orang lain dengan dzalim.

Kelima, memelihara akal (hifdzul aql) yaitu umat Islam diharuskan menjaga akal yang sehat dengan mencari ilmu dan pengetahuan agar nalar berfikirnya berdasarkan hujjah yang dapat dipertanggungjawabkan.

Dengan kelima dasar tersebut niscaya umat islam mendapatkan kebahagian di dunia maupun di akhirat nanti sebab tindakannya positif dan bermanfaat bagi kehidupan.

وَاللهَ أَعْلَمُ بِالصَّوَابِ

 

Oleh: KH. Ainur Rofiq Sayyid Ahmad

Bagikan Artikel Ini Ke