Nabi Pernah Marah Disebabkan Karena Larangan Allah Dilanggar.

Menurut Robert T. Zackery dari Mayo Clinic, Rocheter Amerika Serikat—- sebagaimana ditulis Koran Tempo, 2 September 2006—- Marah adalah perasaan tidak senang yang normal dan emosi yang sehat, seperti halnya perasaan lain yang dimiliki setiap orang.

Artinya, lanjut Zackery, marah bukanlah suatu hal yang negatif. “Dengan marah, Anda bisa memotivasi orang mendengarkan apa yang hendak Anda sampaikan dan mencegah orang semena-mena. Yang jadi masalah hanyalah bagaimana Anda mengatasi kemarahan itu,”paparnya.

Jadi, terkait dengan hal ini tidaklah penting sebuah kemarahan, karena yang lebih penting adalah bagaimana cara menyalurkan sebuah kemarahan agar tidak menimbulkan kerusakan dan kerugian. Serta kemarahan yang diungkapkan tetap menimbulkan kemaslahatan bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.

Di samping itu, dipaksakan untuk menahan amarah dapat membahayakan mental dan kesehatan jiwa. Namun terlalu marah juga dapat merugikan pihak lain.

Walaupun rasa marah seringkali dipandang negatif, namun ternyata ada sisi positif dari kemarahan yang dilakukan oleh seseorang. Salah satu fungsi marah adalah sebuah upaya meluangkan atau mengungkapkan perasaan dan tekanan sehingga perasaan akan lebih lega setelah menyalurkan kemarahan.

Dengan begitu, rasa marah adalah manusiawi, dan hal itu sering dilakukan oleh setiap manusia, tidak terkecuali dengan para Nabi. Sebagaimana Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pernah marah disebabkan karena larangan Allah dilanggar. Kejadian itu terekam dalam sebuah riwayat hadits berikut;

مَا خُيِّرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَيْنَ أَمْرَيْنِ قَطُّ إِلَّا أَخَذَ أَيْسَرَهُمَا مَا لَمْ يَكُنْ إِثْمًا فَإِنْ كَانَ إِثْمًا كَانَ أَبْعَدَ النَّاسِ مِنْهُ وَمَا انْتَقَمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِنَفْسِهِ فِي شَيْءٍ قَطُّ إِلَّا أَنْ تُنْتَهَكَ حُرْمَةُ اللَّهِ فَيَنْتَقِمَ بِهَا لِلَّهِ

“Tidaklah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam merasa bingung terhadap dua pilihan melainkan beliau akan memilih perkara yang lebih mudah (ringan) selama hal itu tidak mengandung dosa. Jika perkara itu mengandung dosa, maka beliau adalah orang yang paling menjauhkan diri dari padanya. Dan tidaklah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam marah terhadap suatu perkara, melainkan bila beliau melihat larangan Allah dilanggar, maka beliau akan marah karena Allah.” (Hadits Bukhari Nomor 5661)

Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam sejatinya juga manusia biasa. Manusia yang juga pernah melakukan perbuatan-perbuatan sebagaimana umumnya manusia lainnya, seperti makan, minum, tidur, dan bahkan rasa marah.

Namun begitu, walaupun Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pernah marah terkait persoalan pribadi, namun kemarahan Nabi lebih banyak terkait dengan perkara-perkara keagamaan dan kebaikan. Sifat marah Nabi ini sebagaimana Hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah berikut,

مَا خُيِّرَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَيْنَ أَمْرَيْنِ إِلَّا اخْتَارَ أَيْسَرَهُمَا مَا لَمْ يَأْثَمْ فَإِذَا كَانَ الْإِثْمُ كَانَ أَبْعَدَهُمَا مِنْهُ وَاللَّهِ مَا انْتَقَمَ لِنَفْسِهِ فِي شَيْءٍ يُؤْتَى إِلَيْهِ قَطُّ حَتَّى تُنْتَهَكَ حُرُمَاتُ اللَّهِ فَيَنْتَقِمُ لِلَّهِ

“Rasulullah Shallallahu’alaihiwasallam tidak pernah diberi tawaran untuk memilih dua perkara, melainkan beliau memilih yang paling ringan selama tidak mengandung dosa, namun jika mengandung dosa, beliau adalah manusia yang paling jauh darinya. Demi Allah, beliau tidak pernah marah karena kepentingan pribadi, dan jika kehormatan Allah dilanggar, beliau marah karenanyaan.” (Hadits Bukhari Nomor 6288)

وَاللهَ أَعْلَمُ بِالصَّوَابِ

 

Oleh: KH. Ainur Rofiq Sayyid Ahmad

Bagikan Artikel Ini Ke