Perbedaan Antara Ibnul Jauzi Al-Hambali dan Ibnul Qayyim al-Jauziyyah Assalafy

Ibn al-Jauzi adalah al-Imam al-Hafizh Abdurrahman ibn Abi al-Hasan al-Jauzi (w 597 H), Imam Ahlussunnah terkemuka, ahli hadits, ahli tafsir, dan seorang teolog (ahli ushul) terdepan. Beliau bermadzhab Hanbali. Salah satu kitab yang dkarang oleh berliau adalah “Talbis Iblis”, (artinya Membongkar Tipu Daya Iblis), salah satu kitab rujukan dalam madzhab Hambali.

Sedangkan Ibnu Qayyim al-Jauziyyah dengan nama lengkapnya Muhammad ibn Abi Bakr az-Zar’i, lahir tahun 691 Hijriyah/ 4 Februari 1292di daerah Azru’, sebelah selatan Suriah. Dan meninggal tahun 751 H/23 September 1350, di usia 60 tahun, murid dari Ibn Taimiyah yang mana pemikiran dan ajarannya menjadi cikal bakal lahirnya manhaj Salafy atau lebih dikenal dengan Wahabi.

Dia dikenal Ibnul Qoyyim berawal dari di Damaskus tepatnya di daerah Buzuriyah, terdapat madrasah yang dikenal dengan Madrasah al-Jauziyah [المدرسة الجوزية], sebab didirikan oleh Ibnul Jauzi (w. 597 H). Madrasah ini dikelola atau diurus (Qoyyim) oleh Abu Bakr bin Ayyub ayah Ibnul Qoyim. Sehingga beliau dikenal dengan sebutan Qoyyim al-Jauziyah [قيم الجوزية], pengurus Madrasah al-Jauziyah. (Munadamah al-Athlal, Ibnu Badran).

Oleh KH. Ainur Rofiq Sayyid Ahmad

Bagikan Artikel Ini Ke