Sekilas Tentang Tafsir At-Thabari

Tafsir At-Thabari (تفسير الطبري) memiliki nama lengkap (جامع البيان عن تفسير آي القرآن) dikarang oleh Imam Muhammad bin Jarir At-Thabari (wafat 310 H). Kitab tafsir ini merupakan pelopor kitab-kitab tafsir yang dicetak hingga saat ini. Ia adalah kajian ilmiah yang sempurna tentang ilmu tafsir, asyik dibaca oleh siapa saja tertuma pemerhati tafsir, dan memaparkan keterampilan ilmu tafsir yang mungkin tidak akan ditemuakan di dalam kitab-kitab tafsir yang panjang sejenisnya.

Penulisnya adalah Imam Muhammad bin Jarir a-Thabari, seorang ulama ahlussunnah wal jama’ah yang telah memadukan berbagai jenis ilmu pengetahuan, cemerlang pada setiap cabang ilmu yang digelutinya sehingga disebut sebagai ulama langka yang menguasai berbagai ilmu pengetahuan. Ia adalah tokoh fiqhi, tafsir, hadits, ahli bahasa, dan sejarahwan yang jujur terpercaya.

Imam at-Thabari menulis kitab tafsirnya ini dengan ringkas karena tidak cukup waktu menguraikannya ke dalam kitab secara utuh walau telah mengamanahkan urusan itu kepada murid-muridnya. Meskipun demikian tetaplah kitab tafsir ini menempati “Top” Tafsir pelopor yang wajib dibaca dan ditelaah oleh para pemerhati tafsir dunia. Tidak bosan-bosan membuka dan menelitinya setiap kesempatan sehingga dapat menyelami metodelogi Imam at-Thabari serta kepakarannya dalam merajuk kitab tafsir.

Secara umum kitab tafsir ini istimewa karena kesempurnaan metodeloginya dan sangat matang dari segi aqidah. Di antara metodeloginya adalah pengayaan dan pemilihan materi-materinya, meriwayatkan perkataan-perkataan para ulama salaf di dalam kitab dengan sanad yang bersambung kepada penulisnya, dan at-Thabari memperkaya tafsirnya dengan materi-materi bahasa serta mendemonstrasikan kepiawaian bahasa Arabnya dalam menjelaskan arti kata perkata serta makna yang terselubung dari ayat-ayat gharib Al-Qur’an. Tafsir ini juga istimewa karena apik dan runtun metodeloginya dari awal sampai akhir kitab.

Cetakan terbaik dari kitab tafsir ini adalah yang telah ditahqiq oleh Prof. Dr. Abdellah bin Abdel Muhsin at-Turky dan rekan-rekannya, dan diterbitkan oleh Dar Hijr Publishing dalam 26 jilid lux. Serta tentu saja sudah dicopy juga kedalam PDF untuk memudahkan para peneliti dan pemerhati tafsir mengaksesnya. sumber

Bagikan Artikel Ini Ke